belajar bikin blog dengan wordpress

WordPress ialah salah satu platform yg paling tidak sedikit dipakai utk menciptakan situs atau blog. Platform ini akan diandalkan buat menciptakan satu buah web profesional bersama penampilan yg menarik. & berita baiknya yaitu, WordPress sangat mudah dipakai oleh seluruh kalangan, baik itu para pemula maupun mereka yg telah dapat diandalkan menciptakan situs. Selain menawari platform yg user friendly, WordPress juga didukung oleh developers dari seluruhnya dunia yg membangun bermacam feature penambahan terhadap WordPress, baik itu plugins ataupun template-nya.

Bagi rekan-rekan yg belum tahu, WordPress itu sebenarnya ada dua, merupakan WordPress.org & WordPress.com, tetapi pengembangnya sama ialah Matt Mullenweg & teman-temannya. Nah, yg dapat aku bahas terhadap artikel ini ialah trik menciptakan web / blog WordPress Self Hosted. Jadi, kita mesti miliki domain & hosting sendiri, dulu menginstal script dari WordPress.org ke dalam hosting tersebut.

Buat menciptakan situs / blog di WordPress Self Hosting, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.
Apabila kita mau menciptakan satu buah web / blog yg unik maka kita mesti miliki nama domain sendiri. Aku teramat menyarankan buat membeli domain dari registrar yg telah ternama, baik itu registrar dari luar negara ataupun dalam negara.

Sebenarnya ada sekian banyak penyedia domain cuma-cuma di internet, contohnya domain free berekstensi co.cc, cz.cc, & lain-lain. Namun jikalau mau membangun website/ blog yg lebih profesional atau buat situs usaha, sebaiknya beli domain TLD saja (unggul level domain) supaya kita punyai akses penuh atas domain tersebut, & pastinya dapat kelihatan lebih baik. Lagi pun harga buat satu domain terbilang pass murah, kurang lebih Rupiah 90.000 – Rupiah 120.000,- per th.

Domain & hosting mesti mengakses biar situs kita akan di buka. Bila kita membeli domain & hosting dari pelayanan yg tidak serupa sehingga kita mesti meneruskan DNS (Domain Name Sistem) hosting ke domain kita. Bagi para pemula aku sarankan utk membeli nama domain & hosting dari satu provider saja supaya tak butuh setting DNS lagi. Contohnya Kamu membeli domain dari Dapurhosting, sehingga sebaiknya Kamu pun beli hostingnya dari mereka.
Baca articel terkait :belajar toko online

Waktu kita menciptakan suatu blog atau web, kita pasti akan membutuhkan script atau file-file supporter supaya situs tersebut nampak baik di browser internet. Contohnya script WordPress, file gambar, file video, file teks, & file-file yang lain. Nah, fungsi dari hosting ini adalah sbg area utk menaruh data base file web yg bakal kita bangun. Kita mesti cek dalam pilih hosting yg bakal dimanfaatkan supaya web yg dibuat akan di buka dgn baik & proses load-nya segera.

Sesudah kita membeli paket hosting, umumnya penyedia pelayanan hosting bakal mengirimkan sekian banyak data terkait hosting yg kita beli. Diantaranya merupakan data user name & kata sandi CPanel hosting (Control Panel hosting), DNS, & yang lain. Simpan data ini bersama baik dikarenakan dapat dibutuhkan sewaktu-waktu. Bila Kamu membeli domain & hosting di pelayanan yg tidak serupa sehingga Kamu wajib meneruskan DNS hosting Kamu ke domain yg Kamu beli.

Berikut ini ialah dua kategori hosting yg dapat Kamu pakai, pertimbangkan mana yg dibutuhkan sebelum Kamu membeli/ menyewa pelayanan hosting :
2.1. Shared Hosting
Shared hosting merupakan satu buah server yg di dalamnya terdapat sekian banyak account hosting web & memanfaatkan pelayanan server tersebut dengan cara bersama-sama. Shared hosting biayanya lebih murah, tetapi privacy & performa situs di dalam shared hosting condong kurang baik, terlebih jikalau trafik web pass agung. Tapi, jikalau file data situs Kamu mungil & belum tidak sedikit trafik, Kamu dapat memanfaatkan shared hosting.
2.2. Dedicated Hosting
Dedicated Hosting yaitu suatu server yg dimanfaatkan oleh satu klien saja. Keuntungan memanfaatkan dedicated hosting merupakan privacy klien terjaga lantaran tak dipakai oleh pihak lain, & performa situs jauh tambah baik di bandingkan bersama shared hosting. Tetapi budget buat dedicated hosting ini lebih mahal di bandingkan shared hosting.
Baca juga : Tips Memilih Nama Domain Yang Cocok

Ada dua cara untuk menginstal script WordPress ke hosting Kamu, merupakan bersama meng-upload script WordPress dengan cara manual atau mampu juga dengan memakai software Softaculous. Buat proses instalasi yg lebih enteng & serta-merta, kita bisa menggunakan Softaculous, software ini rata rata telah ada di CPanel hosting Kamu.

Dikala pertamakali menginstal WordPress, theme default & plugin default dapat automatis terinstal ke WordPress kita. Artinya, kita telah mempunyai suatu situs & sanggup segera sejak mulai isikan konten kepada website/ blog tersebut. Tetapi, kalau kita membiarkan settingan default dgn theme default sehingga bisa saja akbar situs tersebut tak tampak profesional. Kita membutuhkan sedikit ‘sentuhan’ buat membuatnya lebih menarik, contohnya menginstal theme kusus, menginstal plugins, & pengaturan yang lain.

Sesudah sukses menginstal WordPress di hosting, Kamu sanggup laksanakan sekian banyak pengaturan buat menciptakan blog/ situs Kamu jadi lebih baik. Mengatur theme atau template WordPress sangat gede pengaruhnya terhadap penampakan layout situs Kamu dengan cara total. Dikala menginstal WordPress, rata-rata template default bakal ikut ter-instal ke dalam hosting kita. Penampilan template ini standar & tak seluruh orang suka penampakan standar theme WordPress. Nah jikalau Kamu mau mempunyai situs bersama penampilan yg unik & menarik, sehingga Kamu butuh menginstal theme tertentu.
Theme WordPress ini sedia tidak sedikit sekali, baik itu yg free maupun yg berbayar. Jikalau Kamu mau memanfaatkan theme yg cuma-cuma, Kamu dapat mencarinya cepat dari halaman dashboard WordPress Kamu, merupakan di bidang Appearance > Theme > Add New. Kamu sanggup mencari theme yg tepat dgn kemauan Kamu.
Buka Spoiler »

Apabila nyatanya theme cuma-cuma yg sedia tak cocok bersama angan-angan, sehingga Kamu mampu memakai theme premium yg dipasarkan di sekian banyak web yg husus jual theme WordPress. Sekian Banyak situs yg aku rekomendasikan buat membeli Theme WordPress merupakan :
Utk menciptakan WordPress Kamu bekerja lebih maksimal, sehingga difungsikan sekian banyak pengaturan & pula menginstal sekian banyak plugins mutlak. Sekian Banyak pengaturan sederhana ini dapat memberikan resiko yg akbar bagi web Kamu, contohnya;
Menginstal plugins WordPress yaitu aspek yg teramat teramat mutlak buat meningkatkan kebolehan blog/ web WordPress Kamu. Sekian Banyak plugins mutlak yg mesti Kamu instal di blog / situs WordPress Kamu diantaranya;
Baca :
Sesudah selesai laksanakan seluruhnya pengaturan yg dibutuhkan, saat ini saatnya Kamu membangun konten buat blog / situs baru Kamu. Sebelum membangun konten, pastikan Kamu telah jalankan riset keywords. Melaksanakan langkah ini akan teramat menolong kita dalam membangun konten yg tidak sedikit dicari oleh para konsumen Google, pastinya keywords yg serasi dgn niche usaha Kamu.
Membangun konten yg berhubungan dgn niche Kamu pastinya bukan sesuatu yg susah dikarenakan Kamu benar-benar menguasainya. Kamu mesti menentukan bahwa konten yg Kamu untuk & menulis di blog/ web Kamu dapat memberikan value pada audiens Kamu. Factor ini bakal teramat mempermudah membangun merk situs usaha Kamu nantinya buat jangka panjang. diluar itu, membangun konten yg berkwalitas dengan cara tetap menerus dapat meningkatkan authority web Kamu utk niche yg Kamu bidik, & ini teramat baik utk SEO (Search Engine Optimization).
Baca :
Nah demikianlah trick menciptakan situs / blog WordPress self hosted bersama enteng. WordPress merupakan platform yg terkenal & teramat powerful buat membangun beragam tipe web. Sejauh ini Aku telah membangun sekian banyak tipe website(toko online, blog, portal, & company profile) dgn memanfaatkan platform WordPress, & aku menonton tak ada trick lain semudah memanfaatkan WordPress. Mudah-mudahan artikel ini berguna.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s